Senin, 03 November 2008

Mari mencari kerja...=)

Bisa dibilang minggu kemarin adalah minggu penuh dengan jadwal pergi-pergi...hehe...
Jadi minggu kemarin ada dua event yang harus dikejar untuk dihadiri. Yang pertama, Career Fairnya UI. It was held starting from October 30rd until October 1st. Yang kedua, event EHEF ( European Higher Education Fair) 2008.

I prefer for this posting to be discussed only for Career Fairnya UI aja kali ya..Biar enakeun buat bacanya...

Alasan gw mengejar career fair yang di UI ini karena waktu career fair yang diadain ma ITB gbs diikutin secara full..Gw baru datang pas hari kedua, itupun juga udah pas sore. Alhasil perusahaan yg nyediain test on the spot udah pada tutup. Terus tau sendiri khan, career fair di ITB kemaren kebanyakan dipenuhi dengan lowongan-lowongan anak teknik..Hmmm...Ada beberapa perusahaan yang gw incer kebetulan ikut lg jadi exhibitor di UI. Yah udah, kenapa ga gw coba aja...

Dari malamnya, saya alhamdulillah msh sempet buat prepare..Ini mungkin tips yg oke buat temen-temen kalau mau apply-apply di job fair..

1. Siapin yang banyak CV, fotokopi ijazah dan transkrip yg udah dilegalisir, terus sediain stock foto formal kamu yg terupdate and fotokopi ID card.. Bahkan kalau perlu fotokopi sertifikat-sertifikat yang berkaitan dengan background (jumlahnya dikit aja g usah banyak2). Kalau yang terakhir ini si biasanya optional. Karena standarnya 5 item yang paling awal. Kalau misalnya ijazah dan transkrip lo masih dalam proses legalisir, jangan khawatir..Pake aja SKL (Surat Keterangan Lulus) ma temporary transcript (krn hal ini yg saya alamin).. InsyaAllah mereka (red. perusahaan) masih nerima.

2. Biasanya juga perusahaan minta cover letternya (surat lamaran)..Alangkah baiknya kamu tau perusahaan-perusahaan apa aja hadir dalam job fair tersebut. Pastinya mereka punya their own official website khan,, alangkah baiknya kamu beberapa hari sebelumnya bisa cek lewat internet kira-kira mereka buka lowongan apa aja si..Kalau ada yang cocok syukur, kalau engga ya engga apa-apa juga..Perlu diinget juga g semua perusahaan pas hari pamerannya nyediain tempat buat DROP CV. Ini dikarenakan mereka hanya menerima sistem aplikasi online ke perusahaannya.

Kalau misalnya ternyata bilangnya, " saat ini sedang tidak ada lowongan"..jangan dicuekin gitu aja..Karena biasanya mereka pas job fairnya pasti buka lowongan..Sekali lg tetap jaga2 sediain aja 5 item standard yg tadi saya bilang ya..Siapa tahu mereka buka vacancy yg cocok dgn background kamu.

3. Untuk masalah hari pameran, ini ngaruuuuh banget..Yang Career Fair UI ini, dilaksanainnya dari hari Kamis hingga Sabtu. Nah, berhubung saya masih berstatus pengangguran jadi mau datang lebih awal boleh-boleh aja khan??Karena saat saya datang ke sana pas Hari Kamis..Tidak terlalu ramai. Mau ngeliat stand pameran setiao Yah tau sendiri masih hari kerja. FYI, kalau hari Jum'at atau Sabtu pasti udah mulai memadat itu ruangan. Aplikan-aplikan yang mungkin saat ini masih kerja baru bisa bolos atau ijin atu cuti pas menjelang weekend ( Jum'at dan Sabtu ), selain hari kerja agak sulit kali ya buat dapat izin..Jadi, penting banget kalau misalnya kita bisa datang di hari pertama dan pembeli tiket pertama..heheh..

Ok, balik ke cerita saya ya..Katanya rektor UI, Pak Gumilar, Career Fairnya UI ini tergolong yang paling besar se-Indonesia pengunjungnya dan jumlah exhibitornya. Tapi, pas saya liat lagi koq jumlah exhibitornya masih banyakan yg di ITB ya?
Yang saya sayangkan di acara Career Fair ini, adalah bayar..terus bayarnya lumayan besar Rp 20rb..Itu diluar katalog pameran yg dijual seharga Rp 10rb..PAdahal kalau di ITB gratis untuk masuknya aja.. Kalau liat dari sponsor si, sponsornya ITB memang masih lebih banyak daripada UI..yah mungkin next same event, Career Fairnya UI bisa gratis ya..

Selain dari itu, karena rumah gw yang lumayan jauh, ke Depok bisa diakses dgn lebih mudah melalui transportasi kota yang cepat yaitu kereta jabodetabek. Harganya lumayan murah untuk ekonomi Tebet/Cawang - Depok cuman Rp 1500/org. Kalau misalnya mau yg lebih nyaman dengan fasilitas penyejuk udaranya, kamu bisa ikutan tiket kereta ekonomi Cawang-Bogor dengan harga Rp 3000/org( Dia bakal ttp turun di stasiun UI Depok koq). Tapi tetap aja si..itu kereta rame dan padeeeet bgt kalau dari pagi sampai sore dan keamanannya juga masih belom terjamin..So, be careful ya..


Tidak ada komentar: