Jumat, 07 November 2008

Bulan itu mengingatkan aku tentang...

Indonesia telah mulai mengirimkan sedikit demi sedikit kloter jamaah haji dari tiap kota ke Mekkah untuk mengikuti kegiatan ibadah haji. Ibadah yang merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Kalau tag dari sebuah agen perjalanan, Haji adalah kesempurnaan dari sebuah perjalanan. Hmmm..Apa yang terbayang dalam benak saya adalah Haji itu ni'mat sekali. Bahkan jamaah Indonesia ada yang bisa berkali-kali ke Tanah Suci berkali-kali ( Kalau menurut hadist shahih yang ada si, sebenarnya kita cukup sekali seumur hidup.)

Tapi di tulisan saya kali ini, tidak akan membahas tentang haji lebih dalam. Sebaliknya, saya akan menceritakan pengalaman di balik bulan Haji ini. Bukan karena saya pernah mengikuti kegiatan ibadah ini tapi pengalaman lain yang tak terlupakan. Bahkan seumur hidup saya.

Sekitar satu tahun yang lalu, tepatnya di bulan Desember 2007, Alhamdulillah Ayah dan Ibu saya mendapatkan rezeki untuk menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Waktu itu saya masih kuliah di tingkat 2 dan adik saya baru saja masuk kuliah. Di waktu yang sama pula, (alm.)nenek saya sedang dalam keadaan sakit dan dirawat jalan di rumah adiknya (alm.)nenek saya.

Saya lupa kejadian itu terjadi pada hari apa. Diawali dengan rencana kepulangan saya ke Bekasi karena Ayah Ibu saya akan berangkat ke Mekkah. Beberapa hari sebelumnya saya sudah memesan tiket travel dari perusahaan shuttle service C dengan tujuan ke Bekasi. Shuttle service yang notabene udah jadi langganan saya ini sejak tingkat 2 awal, khusus perjalanan kali ini saya memilih service dianterin dari rumah ke rumah. Walaupun harganya lebih mahal, tapi lumayan enak.

Sampailah pada hari H saya harus pulang. Adik saya kalau g salah waktu itu ada di kampus. Shuttle-nya datang ke kosan. Saya pun berangkat dengan perasaan sudah aman. Ga beberapa lama kemudian adik saya nelp dan bilang kalau saya udah naik travelnya apa blm..Saya bilang sudah koq..Ini udah di jalan..Perasaan saya masih mengatakan baik2 saja...

Ketika dua jam kemudian, saya terbangun dari tidur di travel..saya kaget..kenapa saya belom sampai juga..terus melewati jalan yang ga biasa..Dan sekali saya berfikir kalau ini mau mengantar penumpang yg ada di daerah ini..Hal ini didukung dengan ketidaktahuan saya tentang jalan (karena saya emang jarang pulang waktu tingkat pertama dan dua..jadi ga pernah hafal jalan dengan baik)..Di sini perasaan saya udah mulai ga enak..Ditambah ayah, ibu dan nenek saya yg lg sakit menanyakan terus posisi saya ada dimana..ada dimana..

Kira satu jam-an kemudian, saya sangat PANIK! karena ternyata saya salah naik travel point to point!!Astaghfirullah..Saya nyasar jam 9 malam kurang di daerah Tasikmalaya..Unbelieveable..Kesana aja belom pernah, ga punya saudara pula..Duh bener2 mati kutu..Badan saya lemas. Ibu saya yang tau keadaan ini spontan kaget dan marah...Y iyalah..anak perempuannya lg di kota antah berantah..ga tau jalan..udah jam 9an..belom makan....

Ketika semua penumpang travel kecuali saya diantarkan ke rumah masing2. Saya dibawa sama sopirnya ke pool travel C di Tasikmalaya. Ibu saya marah besar kepada pihak travel, kenapa kesalahan di operator bisa terjadi di sini. Jelas-jelas adik saya udah pesan dengan tujuan Bekasi dengan alamt Jl. bla..bla..bla.. Tapi sama operatornya, saya dimasukkan juga ke travel point to point dengan tujuan TASIKMALAYA dan alamat yg sama. Terus operatornya pakai acara ga mau disalahin pula!Edan bgt tuh orang..

Ibu saya saking udah panik dan ditambah marah langsung ga ada tawar-menawar lg cuman minta satu, "Tolong bawa anak saya pulang malam ini juga!!". Tentu saja dari pihak pool merasa keberatan, mungkin supirnya udah capai atau g ada jam keberangkatan lagi. Mereka minta anaknya bisa kami carikan penginapan dulu. Baru keesokan harinya, mereka antar saya ke Bekasi. Tapi ibu saya tetap keukeuh minta anaknya dipulangkan malam hari ini juga.Toh, kesalahan ini juga ada dari pihak travel. Selain itu, ibu saya punya kepentingan yaitu keesokan harinya harus berangkat haji..Bener-bener waktu itu saya ga bisa berbuat banyak..Badan saya udah lemes dan ga bisa ngomong banyak pula..

Akhirnya, ada bapak supir yg merelakan tenaganya untuk mengantarkan saya ke Bekasi lagi!Alhamdulillah..Terus terang selama perjalanan, saya ga berani tidur. Khawatir kalau ada apa2..Alhamdulillah bapak supirnya baik banget. Dia nawarin saya makanan, karena dia tahu saya belom makan[tp saya juga ga makan..takut..]. Kemudian diajak ngobrol pula selama perjalanan, lumayan tenang waktu itu. Satu hal yg masih saya inget adalah saya dikira dokter! hehehe..dan saya pulang karena mau ketemu pacar..[duh bapak...bapak...impresi yg pertama boleh deh..tapi yg kedua makasih banyak, bapak salah sangka sayangnya..hehe] ..Terus si bapak itu juga cerita, ternyata kejadian yang saya alami juga pernah terjadi sebelumnya..Dengan penumpang yang umurnya jauh lebih tua dari saya. Karena katanya, sesepuh itu sampai nangis..dy panik dan bingung..[untungnya saya waktu itu ga nangis =p)

Kira-kira jam setengah satu pagi saya nyampe rumah [OMG, berapa lama saya ada di jalan????]..Pastinya ayah ibu saya masih terjaga..Ketika sampai rumah, raut muka was was mereka lama-lama memudar. Mereka berdua akhirnya bisa istirahat dan tidur dengan tenang..Duh, saya waktu itu bener2 masih ga enakan..ga enak ma orang tua udah buat was-was..terus saya belom sempet bertemu dengan nenek saya yg lagi sakit. Karena katanya orang tua, nenek saya nanya saya terus...

Lalu, gimana dengan eksistensi si travel yg operatornya berbuat ceroboh itu?Dia masih eksis sampai sekarang. Bahkan saya sering pakai untuk perjalanan ke Bekasi-Bandung ato sebaliknya..Karena emg itu travel yang lumayan dekat dari perumahan saya. Tapiiiiii, tujuan Bekasi-Bandung atau sebaliknya dengan service rumah ke rumah udah ga disediakan lagi..hahahah..Gara-gara pengalaman saya itu kali ya...

So, tetap hati-hati kalau pake travel yg dianterin dari rumah ke rumah..Cek tujuannya kemana..Siapa tahu si operatornya salah input data lagiiiii...=)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

hahhaha..pengalaman yang menarik,Lia. Kalo boleh tahu nama travelnya apa ?
Soalnya saya juga tinggal di bekasi.
(Arviandy)

Dienstag in 1987 mengatakan...

@ Kak/Mas/Pak Arviandy

terima kasih banyak atas kunjungannya =)..

Initial travelnya sama dengan huruf depan travel sesungguhnya..Udah bisa nebak khan? =)

Anonim mengatakan...

hehehe...sip. kebetulan saya belum pernah naik itu. Smoga ndak terjadi lagi ya.